Pengertian Ping (Packet Internet Groper)

Ping ( Packet Internet Groper ) adalah sebuah program utilitas yangdigunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Fungsi dari Ping adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara komputer yang satu dengan yang lainnya dengan cara mengirimkan sejumlah packet data,  Kesimpulannya Kegunaan utama dari Ping adalah mengecek apakah ip/domain tertentu dalam kondisi hidup atau tidak.

  1. Ping Google.

Melakukan ping terhadap google digunakan untuk mengecek Responsible terhadap jaringan internet yang digunakan, semakin kecil downtime maka semakin bagus jaringan tersebut dan sebaliknya. Cara melakukan Ping terhadap Google sebagai berikut:

  • Bukan Command Promt (CMD) dengan tekan tombol Windows + R , lalu ketik CMD lalu enter.
  • Setelah itu ketikan “ ping –t google.com”.
  • Untuk mengakhiri nya tinggal tekan [Ctrl+Z].

Ket:

Perhatikan pada bagian “Time”, Jika angka nya menunjukan di bawah 100ms maka internet anda dapat di kata gorikan dalam keadaan baik (koneksi cepat), jika di atas 150<200ms maka internet anda dalam keadaan stabil (koneksi lumayan cepat), dan jika sudah menembus 400-800ms ++ maka internet anda dalam keadaan buruk( koneksi lamban).

ping-google

  1. Ping Jaringan Lokal.

Melakukan Ping terhadap jaringan Lokal di gunakan untuk mengecek apakah ip/domain tertentu dalam kondisi hidup atau tidak. Cara melakukannya adalah :

Komputer A

  • Bukan Command Promt (CMD) dengan tekan tombol Windows + R , lalu ketik CMD lalu enter.
  • Ketikan “ ipconfig” pada cmd , ini di gunakan untuk melihat ip dari computer A yg ingin di ping , setelah itu lihat untuk IPv4 Address.lan-ping

Komputer B

  • Bukan Command Promt (CMD) dengan tekan tombol Windows + R , lalu ketik CMD lalu enter.
  • Ketik “ ping 192.168.1.100”
  • 168.1.100 adalah kode IPv4 Address dari computer A, karena kita akan melihat sambungan jaringan antara computer A terhadap B.

Ket :

Untuk mengecek kualitas koneksi jaringan Perhatikan pada bagian “Packets”, jika total Lost 0 (0% loss) maka jaringan dalam keadaan terhubung dengan baik, dan sebalik nya jika total Lost adalah 100% maka jaringan belum terhubung.

hasil-ping-lan

  1. Penjelasan Bagian – Bagian dalam Ping
  • Reply

Reply adalah salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Reply akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.reply-ping

  • TTL (Time To Live)

TTL adalah nilai waktu termasuk dalam paket yang dikirim melalui TCP / IP berbasis jaringan yang memberitahu penerima berapa lama waktu untuk terus atau menggunakan paket atau data yang dimasukkan sebelum waktunya habis dan membuang paket atau data.

ttl-time-to-live

  • Bytes

Secara default ukuran paket ICMP PING adalah 32 bytes, Anda dapat mengubahnya dengan memberikan opsi ukuran.

bytes-ping

  • Time

Time pada sebuah paket PING mengindikasikan ketersediaan bandwidth yang disediakan untuk paket PING, jika bandwidth PING habis maka statistik dari time, akan semakin besar.

Jika angka pada Time menunjukan di bawah 100ms maka internet anda dapat di kata gorikan dalam keadaan baik (koneksi cepat), jika di atas 150<200ms maka internet anda dalam keadaan stabil (koneksi lumayan cepat), dan jika sudah menembus 400-800ms ++ maka internet anda dalam keadaan buruk( koneksi lamban).

time-ping

  1. Melihat Kualitas Internet Baik atau buruk.
  • Request Time Out (RTO)

RTO adalah ketika komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu time out bervariasi). Biasanya terjadi karena adanya firewall, koneksi rendah dan koneksi terputus atau tidak terkoneksi.Cara mengatasi cek kembali penulisan IP, cek kembali pemasangan kabel, matikan firewall, dan cek koneksi jaringan komputer.

Jika RTO ini muncul sesekali internet anda masih dalam keadaan baik, dan jika RTO sering muncul maka internet anda sangat buruk (jika browsing/gaming mungkin akan Leg/ putus” koneksinya).

  • Destination Host Unreachable.

Terjadi jika host, jaringan, port atau protocol tertentu tidak dapat dijangkau atau masih mencari. Jika menemui pesan “destination host unreachable” maka ada beberapa masalah yang harus diperbaiki seperti kabel jaringan LAN Card atau Wireless USB kemungkinan tidak terhubung atau rusak ; HUB/Switch tidak terhubung atau rusak ; status LAN masih “Disable”; atau RJ45 tidak dipasang dengan tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s